Minggu, 13 Januari 2019

Tipe-Tipe Costumer OnlineShope


Selamat sore mnjelang malam para pembaca budiman.
nenganik.blogspot.com


Tipe -tipe pembeli (costumer online)

Ada beberapa hal sifat dan karakter manusia itu berbeda beda
. Dalam jual beli tentu yang lebih diprioritaskan adalah masalah pelayanana. Karena memang penjual langsung berinteraksi kpd si pembeli.  Tidak di punkiri kalau online shop juga hakikatnya sama. Akan tetapi ada bbrp perbedaan.
Ok kali ini saya akan mencoba menulis tipe tipe pembeli menurut saya yaa dalam online shop tentunya.
Yang pertama : ada yg sabar menunggu paketan itu datang. Setelah intruksi dari penjual di baca dengan sabar dan menanti penuh kepercayaan. Sama sekali tidak risau brang yg di beli belum kunjung datang.  Yang pasti aba aba dr penjual selalu ada.

Dalam hal yang pertama ini si penjual juga berkata apa adanya sesuai fenomena yg dia alamai dari owner nya langsung. Sesekali si penjual bertanya kabar atau membahas hal lain yang pas. Moment ini untuk menjalin tanggung jawab penjual kpd si pembeli tadi. Supaya tidak ada keraguan lagi dalam hati. Kalaupun belum di balas mungkin saja si penjual ada kerjaan lain bukan online shop saja. Yang pasti penjual juga memiliki iktikad tanggung jawab.

Yang kedua : ada yg sesekali bertanya sampai mana barang ku? Bu kalau beli lagi bagaimana?aah walaupun menunggu tp barang nya bagus. Kalau masalah pengiriman itu kan urusan kurir bu.. Hehhe tiba "chat masuk dan bilang barang bagus sudah sampai tadi sore.
Seperti ini juga ada. Dia juga tidak mengenal penjual. Namun kepercayaan itu di berikan sepenuhnya. Yang pasti komunikasi penjual dan pembeli masih berhubungan. Krn kesibukan masing"penjual dan pembeli itu berbeda ya.

Yang ketiga : ada yang bertanya sampai detail minta barang di cek stok semua harga berapa dan lain lainnya. Setelah terbalas tiba tiba tidak ada respon baik. Menghilang.
Yang seperti ini memjadi penjual online juga memaklumi masih taraf sabar. Mungkin ini belum masuk rezekinya penjual.

Yang keempat : bu pesan ini ya.. Ini alamat saya. Harga berapa sama ongkir. Minta no rekening nya bu...

Tanpa basa basi langsung deal beberapa menit. Sebagai penjual tentu suka dengan yang seperti ini. Karena yang menarik pembeli untuk membeli itu Allah. Rezeki dari Allah melalui pembeli tadi. Allahamdulillah
Yang kelima : bu pesan ini yaa.. Warna ini.. Cek stok ada? Harga berapa? Pengiriman dari mana? Buu sudah saya transfer ya.. Dan laju perjalanan barang lewat kurir molor. Akhirnya chat setiap saat.

Dalam hal ini sesungguhnya wajar. Karena mungkin pembeli takut adanya penipuan. Tapi tidak semua penjual online shop penipu ya. Yang amanah itu banyak. Kenaap harus menipu lewat berjualan online? Berapa untungnya?  Sama sekali tidak bagus mempunyai pemikiran seperti itu. Ketika penjual sudah bilang barang sudah dikirim. Artinya memang barang sudah perjalanan sampai ke alamat yang dituju. Di sini juga ada campur tangan nya Allah. Kenapa bisa demikian? Disini melatih kesabaran antara penjual dan pembeli. Penjual juga lebih suka kalau barang yang di tujukan ke alamat cepat sampai.Tapi ndelalalh Allah menyuruh untuk sabar.mungkin di pertengahan jalan kurir nya sedang kena macet ,istirahat sejenak. Kita suudzon aja ya..

Yang ke enam : ada juga pembeli yang langsung transfer tanpa menunggu aba aba dr penjual. Mungkin takut barang habis. Dan ternyata benar barang habis. Ready beberapa hari kedepan.

Disini lihatlah keseriusan penjual. Kalau penjual beriktikad mengembalikan uang itu artinya ada kepastian dr penjual. Yang pasti dia tidak mau membodohkan pembeli. Karena ap ketika satu kepercayaan hilang itu sudah merusak citraa penjualan. Yaaa menurutku komunikasi yang utama di simak baik baik apa yang di berikan ke pembeli.

Yang ketujuh : ketika barang memang tidak ready di penjual yang dihubungi, adanya mungkin du toko pusat karena si penjual jadi reseller. Pembeli tidak mau tau barang dari mana berapa ongkir nya berapa lama perjalanan.


Nah ini ni yang kadang membuat maju mundur cantik  ketika mau menjadi online shop. Apalagi kalau barang belum sampai. Hinaan cacian datang seolah olah penipuan kelas berat. Padahal dia (si penjual reseler)  . Ok tidak masalah di hina di caci karena Allah yang paling tahu apa yang penjual lakukan. Dan tiba tiba si costumer chat barang sudah sampai. Maaf ya buun tadi ucapan saya.. Saya yang ngak sabaran.. Nah ini nih. Mmmmm tidak masalah

Yang kedelapan : karena sistem PO.. Awalnya costumer iya iya saja.tapi karena terlalu lama menunggu akhirnya sama.. Tidak sabar barang nya bagus apa bagaimana yang penting penjual harus ku chat tnpa menelaah apa pemberitahuan nya.

Biasanya intruksi dari owner -+seminggu artinya bisa jadi datang pas waktu nya bisa juga datang selisih satu hari. Kuncinya kita harus sabar dan setiap penjual online shop itu beda beda owner nya jadi ada yg dari luar kota.
Ok gaess.. Bunda sista costumer yang budiman.

Kuncinya sabar di telaah baik baik apa intruksi dari reseller / owneer. Jangan asal menjude online shope.  Bakul online shope juga mempunyai kegiatan mempunyai keluarga. Kalau waktunya sudah untuk mu (costumer) pasti di layani penuh. Di bls kayak curhat.. Di detailkan kayak pacar. Di sayang kayak anak.
Ok dear 😍😍😍😍😍😍


Selamat menikmati hari jumat yang penuh keberkahan..
Semoga nikmat hari ini bisa membuat selalu bersyukur yaa...
Tulisan ini tidak bermaksut apa apa atau bagaimana..
Ini adalah salah satu pemikiran saja. Mungki ada yang tidak sependapat saya mohon di maafkan..
Kesempurnaan hanya milik Allah.
Semua tindakan ini ada campur tangannya dari Allah yaa

Allah yang menggerakkan pembeli untuk melirik dan membeli jualan penjual. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi Harus Bagaimana